Selasa, 31 Desember 2019

CUACA DINGIN PICU MIGRASI KUPU-KUPU


Cuaca dingin yang melanda daerah pegunungan Meksiko, memicu kupu-kupu untuk berpindah ke arah utara. Menurut studi terbaru, jumlah serangga yang bermigrasi ini mencapai hingga setengah miliar.
"Apa yang paling berkesan untuk kami ialah bahwa ini adalah daerah kerentanan untuk kupu-kupu," kata Steven Reppert, peneliti dari University of Massachusetts Medical School, seperti dikutip Nbcnews, Jumat (22/2/2013).
Penelitian yang diterbitkan di jurnal Current Biology ini mengungkap dua populasi besar, kupu-kupu monarch (Danaus plexippus) yang hidup di Amerika Serika. Kupu-kupu ini juga hidup di Pantai Barat dan Amerika Utara.
Reppert dan kepala peneliti Patrick Guerra memusatkan perhatian pada kupu-kupu yang hidup di bagian timur Meksiko. Mereka meneliti kupu-kupu yang bermigrasi hingga menempuh jarak 2.000 mil (3.200 kilometer).

Para peneliti meyakini bahwa navigasi serangga ini dipengaruhi oleh matahari, waktu tertentu dan di jam-jam tertentu. Untuk melacak kupu-kupu ini, Guerra dan Reppert menempatkan sebagian besar kupu-kupu dalam simulator penerbangan.
Tim kemudian menempatkan kandang yang terbuat dari plastik di luar ruangan. Lalu, menjaga kupu-kupu di dalam sebuah kawat pendek di atas kipas angin. Aktivitas terbang kupu-kupu ini direkam oleh video, yang juga dilengkapi dengan perangkat perekam arah.
Para ilmuwan melakukan percobaan selama musim gugur, ketika migrasi biasanya menuju ke selatan. Selama 24 hari, peneliti menjaga kupu-kupu dalam lingkungan terkontrol yang menyerupai suhu dingin yang dialami di pegunungan Meksiko ketika musim semi.
Peneliti mengamati kupu-kupu dalam simulator yang dipasang. "Ketimbang pergi ke selatan, kupu-kupu ini menuju ke utara. Kami pikir ini adalah menarik dalam hal pentingnya suhu dingin untuk perubahan dalam pola migrasi (kupu-kupu)," jelasnya.
Wikipedia menerangkan, kupu-kupu monarch atau dalam bahasa Indonesia disebut kupu-kupu raja, termasuk ke dalam famili Danaidae. Kupu-kupu ini memakan tanaman perdu tahunan, Asclepias L. yang merupakan tanaman beracun pada sebagian hewan.
Kupu-kupu ini memiliki sayap berwarna coklat terang dengan batas garis hitam dan titik-titik putih. Setiap tahunnya, kupu-kupu ini dapat bermigrasi dari wilayah Kanada ke Meksiko dengan jarak tempuh 4.500 km. Kecepatan terbang kupu-kupu ini mencapai 80 km per hari.
(Ahmad Luthfi/fmh)
https://techno.okezone.com/read/2013/02/22/56/765717/cuaca-dingin-picu-migrasi-kupu-kupu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar