Selasa, 31 Desember 2019

HIKING DAN TREKKING, APA BEDANYA?


Hiking dan Trekking, Apa Bedanya? Sudah pasti kalian sering mendengar istilah hiking dan trekking. Banyak yang menyangka kedua aktivitas ini sama, padahal jelas keduanya sangat berbeda, walaupun secara umum tujuannya sebagai arena untuk bersenang-senang. Lantas, apa sih perbedaan antara hiking dan trekking?
Secara umum, hiking merupakan bahasa pendakian yang merujuk kepada istilah kegiatan di luar ruangan dengan berjalan kaki di lingkungan alam, dimana jalur yang dilewati sudah terpetakan. Dengan kata lain, hiking merupakan kegiatan outdoor menyusuri jalur yang sudah disediakan.
Sedangkan trekking, merupakan perjalanan panjang dengan cara berjalan kaki. Biasanya, perjalanan ini mengambil tempat atau daerah yang tidak memiliki sarana transportasi, dan belum memiliki jalur resmi. Bahkan dengan trekking, kalian bisa menciptakan jalur alternatif untuk digunakan sebagai jalur hiking.

Mengenai waktunya, hiking dan trekking bisa dilakukan di siang atau malam hari. Sedangkan mengenai jalurnya, trekking biasanya mengambil jalur-jalur yang jarang atau bahkan belum terjamah manusia. Karena itulah pengetahuan arah matahari, kompas dan lainnya, sangat dibutuhkan saat trekking.
Hal ini jelas berbeda dengan hiking. Kegiatan ini umumnya sudah nggak butuh lagi kompas atau perlengkapan perjalanan lainnya, karena umumnya sudah ada petunjuk jalan di sepanjang rute perjalanan, atau sudah banyak orang yang pernah menginjaknya.
Walaupun begitu, para pelakunya (baik Hiker ataupun Trekker), keduanya mengikuti kebijakan yang sama, yakni kebijakan untuk tidak meninggalkan jejak yang bisa membuat lingkungan tersakiti. Contohnya saja jejak paku di pohon, atau jejak-jejak lainnya.
Selain itu, kalian pun diharamkan untuk meninggalkan barang-barang yang tidak dapat busuk atau tidak bisa terurai dalam waktu dekat, contohnya saja plastik. Seluruh sampah-sampah tersebut harus kalian bawa dan simpan di tempat yang benar-benar aman.
Perbedaan secara terminologi
Di tiap wilayah, hiking punya sebutan yang berbeda, contohnya saja di Indonesia biasa disebut menjelajah, di New Zealand disebut tramping, bush-walking di Australia. Khusus untuk bushwhacking, biasanya istilah ini digunakan untuk hiking melewati hutan dengan vegetasi khusus yang perlu dibabat dengan machete.
Sedangkan trekking, terkadang disebut sebagai juga sebagai backpacking, tapi terkadang sering disalah artikan dengan istilah mountaineering. Bagaimana bro, sudah tahu bagaimana cara membedakan antara hiking dan trekking?
Sumber: https://www.superadventure.co.id/news/3239/apa-sih-bedanya-hiking-dan-trekking/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar